Selasa, 20 Desember 2011

Edelweis

Edelweis. apa itu Edelweis ? Saya sendiri tidak tahu dan belum paham apa itu Edelweis. yang saya tahu Edelweis adalah merupakan sebuang bunga yang banyak terdapat di dataran tinggi, dapat di artikan bahwa Edelweis sangatlah jarang berada di dataran rendah, bahkan saya pribadi belum pernah melihat jenis tumbuhan tersebut di dataran rendah. Sayapun baru mengenal jenis tumbuhan tersebut ketika saya kelas 1 SMA yang di perkenalkan oleh sebuah organisasi yang saya geluti yang bernama EKSTANBA (ekspedisi hutan rimba) tepatnya pada tahun 2007.

Buang Edelweis sering juga di sebut dengan nama bunga abadi, saya kurang begitu mengerti dengan dasar filosofi nama tersebut bisa ada. Mungkin karena buangnya yang tidak mudah layu walaupun sudah di petik.

Tidak sedikit orang yang memetik bunga abadi tersebut dengan dalih sebagai kenang-kenangan atau apalah alasan mereka. Atau mungkin mereka tidak diberikan pengarahan atau penyuluhan yang berkaitan dengan bahaya memetik bunga abadi tersebut. Bahaya yang saya katakana disini bukan bermaksud untuk membehayakan diri si pemetik bunga abadi. Akan tetapi, damppak yang di alami oleh bunga abadi tersebut dari populasinya yang memang seddikit di tambah dengan pemetikan buanga abadi secara liar.

Pernah pengalaman saya melihat seseorang memetik bunga abadi tersebut. Dalam hati tidak tega atau jengkel dengan kelakuan orang tersebut padahal orang tersebut dengan rasa bangga memetik bunga abadi tersebut.
Pesan untuk teman-teman siapapun yang menemukan bunga abadi dalam kondisi apapun untuk tidak di petik atau di buat mati. Karena dengan bunga tersebut bisa menjadi hiasan indah di dataran tinggi. Jagalah kelestarian alam di Indonesia !
Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar