Sabtu, 24 Desember 2011

Debus

Teman-teman pernah mendengar apa itu debus ? sedikit pendahuluan tentang debus. Debus merupakan kesenian bela diri dari Banten. Kesenian ini diciptakan pada abad ke-16, pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin (1532-1570). Debus, suatu kesenian yang mempertunjukan kemampuan manusia yang luar biasa, kebal senjata tajam, kebal api, minum air keras, memasukan benda kedalam kelapa utuh, menggoreng telur di kepala dan lain-lain.

Pernah menonton debus sebelumnya ? jika belum coba lihat foto yang ada di bawah ini.

Hal yang menantang bukan ? Ini merupakan salah satu dari atraksi yang di namakan dengan Debus. seperti yang telah di jelaskan sebelumnya apa itu debus dan bagaimana atraksi atraksinya.
Saya bingung sampai detik ini, ilmu apa yang di gunakan orang-orang yang melakukan hal tersebut ? dengan akal pikiran yang sehat mana mungkin orang berani melakukan hal tersebut. Akan tetapi ini menjadi sebuah kesenian bagi orang yang berada di wilayah Banten. Menurut saya inipun merupakan bagian dari kesenian yang ada di Indonesia. Tidak banyak negara di dunia yang keseniannya sama atau mirip seperti ini.

Apakah teman-teman sependapat dengan saya ? baiklan ini  memang harus kita jaga. Akan tetapi, harus tetap dengan pengawasan orang dewasa yang mengarahkan terhadap anak di bawah umur untuk memberikan penyuluhan bahwa hal atau adegan tersebut merupakan BERBAHAYA tanpa latihan dan pendamping yang profesional.

Hidup Kebudayaan Indonesia ! Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar