Selasa, 15 November 2011

Helmet

Saya yakin dari sekian banyak orang di Indonesia mayoritas memiliki yang namanya Pelindung Kepala atau yang sering di sebut Helm untuk berkendara. Disini saya akan mencoba membahas apa itu helm dari segi pengertian fungsi dan dampak buruknya. :)


"Helm (bahasa Belanda: Helm) adalah bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala dan biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau plastik.
Helm biasanya digunakan sebagai perlindungan kepala untuk berbagai aktivitas pertempuran (militer), atau aktivitas sipil seperti olahraga, pertambangan, atau berkendara. Helm dapat memberi perlindungan tambahan pada sebagian dari kepala (bergantung pada strukturnya) dari benda jatuh atau berkecepatan tinggi.
Di beberapa negara, helm wajib digunakan bagi pengendara sepeda motor, bahkan ada yang mewajibkannya bagi pengendara sepeda tak bermotor. Di Inggris hanya penganut Sikh yang diperbolehkan tidak memakai helm karena harus memakai turban."
yang akan saya bahas dalam tulisan ini mengenai detail Helm untuk Pengaman Kepala saat berendara. ada beberapa jenis Helm yang aan saya perkenalkan pada teman-teman.
1. Full Face
Helm ini sangat di anjuran untuk para pengguna kendaraan bermotor karena dari segi bentuk yang menutupi seluruh bagian kepala. Selain itu teman-teman bisa merasa nyaman dengan terhindarnya dari debu yang masuk. Akan tetapi helm ini lebih berat dibandingkan helm half face sehingga membuat bahu kita terasa pegal apabila berkendara terlalu lama.

2. Half Face
Helm ini di namakan helm half face karena bentuk bagian depan helm hanya sebagian yang menutupi wajah. Kebetulan saya sebagai pengguna helm ini dan menurut saya cukup aman untuk pengendara Sepeda Motor, walaupun memang helm full face lebih menjamin.

3. Helm Cetok
Helm ini sering di sebut Helm Cetok oleh masyarakat, sayapun tidak tahu bagaimana asal usul nama helm itu. Saran saya jangan sesekali anada berkendara dengan menggunakan helm ini karena bahanyanya sama saja dengan anda tidak menggunakan helm saat berkendara. hahaha
Belum lagi sudah ada razia Helm, coba lihat ini :
hahahahaha. Jangan Coba-coba ya teman-teman. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk para pengguna kendaraan bermotor.
Terima Kasih

Sumber kutipan : Wikipedia
Sumber Gambar : Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar