Jumat, 08 Oktober 2010

Tugas 2

1. Tiga unsur yang menyebabkan terjadinya aktifitas ekonomi, yaitu :
o Kelangkaan (scarcity) : keterbatasan kita menyebabkan banyak hal terasa langka(scarce). Kelangkaan mencakup kuantitas,kualitas,tempat,dan waktu. Sesuatu tidak akan langka jika jumlah (kuantitas) yang tersedia dengan kebutuhan,berkualitas baik,tersedia dimana saja (disetiap tempat) dan kapan saja (waktu) dibutuhkan.
o Pilihan-pilihan (choices) : Dalam setiap masyarakat selalu di dapati bahwa kebutuhan manusia tidak terbatas banyaknya. Manusia tidak pernah merasa puas atas apa yang telah mereka peroleh dan mereka capai. Apabila keinginan sebelumnya sudah terpenuhi, maka keinginan-keinginan yang lain akan muncul.
Terbatasnya sumber data yang tersedia di banding kebutuhan/keinginan,menyebabkan manusia harus menentukan pilihan-pilihan yang bersifat individu maupun kolektif.
o Biaya Kesempatan (Oportunity Cost)
Ilmu ekonomi memandang manusia sebagai mahluk regional. Pilihan yang dibuatnya berdasarkan pertimbangan untung rugi, dengan membandingkan biaya yang harus di keluarkan dan hasil yang akan di peroleh. Biaya yang dimaksudkan kedalam konsep ilmu ekonomi (economic cost) berbeda dengan konsep biaya akuntansi(accounting cost).

2. Yang membedakan Perusahaan dengan Lembaga Sosial adalah…
Perbadaan Perusahaan dengan Lembaga sosial dapat di lihat dari sisi tujuan dari Perusahaan dan tujuan dari Lembaga Sosial tersebut. Dalam hal ini pada sebuah Perusahaan pada dasarnya ada aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan Organisasi,produksi,sumber ekonomi,kebutuhan konsumen, ataupun pendistribusian barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba/keuntungan.
Sedangkan, Lembaga sosial terdapat aktivitas yang dimana mengatur hubungan antara masyarat agar mencitakan ketertiban. Dengan kata lain Lembaga Sosial persepsi masyarakat tidak memprioritaskan laba akan tetapi kesuksesan dalam kesejahteraan masyarakat.



3. Faktor yang mempengaruhi letak dan tempat Perusahaan adalah…
Letak Perusahaan sangat penting di perhatikan karena letak perusahaan merupakan tempat dimana perusahaan yang mendirikan melaksanakan kegiatan operasionalnya. Pemilihan lokasi perusahaan tidak boleh salah karena akan mengakibatkan timbulnya kerugian yang harus di derita perusahaan.
Fakor yang mempengaruhi letak perusahaan terutama pada :
o Strategisnya letak,
o Hubungan perusahaan dengan sumber-sumber Ekonomi,
o Hubungan Perusahaan dengan Sejarah,
o Hubungan Perusahaan dengan Pemerintah.
Sedangkan, faktor yang mempengaruhi tempat perusahaan pada umumnya terdapat pada keterjangkauan perusahaan tersebut dari masyarakat agar memudahkan masyarakat untuk ikut berinteraksi (dalam kegiatan Ekonomi) dan tentunya menguntungkan juga untuk Perusahaan tersebut.

4. Perbadaan antara Lingkungan Eksternal Makro & Mikro ! exp.
Lingkungan Eksternal Makro
Lingkungan Eksternal Makro adalah keseluruhan aspek besar di luar organisasi yang menciptakan keseluruhan kondisi lingkungan.
• Aspek Ekonomi, keadaan kesehatan dan stabilitas sistem ekonomi di wilayah di mana organisasi itu berada
• Aspek Tekhnologi, mengacu pada macam tekhnologi yang tersedia yang dapat digunakan mengubah sumberdaya menjadi produk baik barang ataupun jasa
• Aspek Sosial Budaya, meliputi kebiasaan, adat-istiadat, nilai-nilai dan karakteristik masyarakat di wilayah organisasi itu berada
• Aspek Politik dan Hukum, keberadaan aturan pemerintah yang mengatur masalah usaha, dan bagaimana hubungan antara pemerintah dan usaha itu sendiri
• Aspek Internasional, hal-hal yang mempengaruhi organisasi dari kegiatan-kegiatan usaha di negara lain
Lingkungan Eksternal Mikro
Lingkungan Eksternal Mikro adalah hal-hal yang secara langsung mempengaruhi organisasi dari luar.
• Pesaing, usaha yang berusaha mendapatkan sumberdaya yang sama dengan perusahaan
• Konsumen, pihak yang membutuhkan sumberdaya dan produk yang dihasilkan perusahaan
• Stokis (supplier), menyediakan sumberdaya yang dibutuhkan organisasi
• Lembaga Pengatur dan Pemerintah, alat-alat kewenangan yang berfungsi mengawasi, membuat aturan (hukum), dan memiliki kekuatan hukum yang dapat mempengaruhi pola kebijakan dan pola kerja organisasi
• Rekanan Usaha (Mitra Usaha), pihak-pihak yang melakukan kerja sama atau persekutuan dengan organisasi tersebut.

Sumber :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/pengertian-dari-manajer-etika-manajer-lingkungan-eksternal-manajer-dan-kepemimpinan/
Modul Pengantar Ekonomi 1, Dosen : Sri Murtiasih, SE, MM
Prngantar bisnis, dogital book.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar