Kamis, 22 September 2011

“Gaya-gayaan merokok ? mari kita berhitung”

Sebelum kita berhitung-hitungan dengan rokok. Mari kita simak sebuah berita yang saya dapatkan dari mbah google mengulas sedikit tentang mangapa merokok ? siapa pelakunya ? dan apa saja dampaknya ? dan mau tahu berapa hitungannya ? Coba teman-teman baca sampai selesai artikel singkat ini karena nilai dari artikel ini ada di bagian akhir. Selamat membaca..

Jakarta, Beberapa orang ada yang merokok hanya sebagai Gaya-gayaan saja agar bisa diterima di lingkungan tertentu, atau disebut dengan social smoking. Tapi bukan berarti perokok jenis ini tidak berbahaya, karena tetap saja ia memiliki risiko terhadap penyakit

.

Social smoking kini tengah menjadi julukan baru bagi generasi sekarang. Pola merokoknya terbatas pada pengaturan sosial seperti di bar, pub, klub malam, saat berkumpul dengan teman-teman atau acara musik. Hal ini dilakukan agar ia diterima oleh lingkungannya atau hanya sekedar gaya.

Tapi sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang merokok hanya pada kondisi lingkungan tertentu ini tetap memiliki risiko kesehatan yang sama dengan orang yang merokok rutin.

Hasil studi yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine menemukan tidak ada level aman yang diketahui dari konsumsi rokok. Bahkan jika seseorang hanya merokok beberapa batang dalam seminggu tetap saja menempatkan risiko tertentu bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa bahaya kesehatan yang terkait dengan merokok ringan atau tidak konsisten merokok, seperti dikutip dari Lifemojo, Jumat (16/9/2011) yaitu:
1. Peningkatan risiko untuk penyakit jantung

2. Mengalami tekanan darah tinggi

3. Kolesterol tinggi dan arteri tersumbat
4. Infeksi saluran pernapasan
5. Memiliki kualitas dan produksi sperma yang buruk serta menyulitkan proses pembuahan
6. Lebih lambat dalam proses pemulihan cedera

7. Berisiko terhadap beberapa jenis kanker seperti paru-paru, esofagus dan pankreas.


Okey ! sudah tahu kan apa kerugian dari merokok ? mulai dari dampak yang kecil mengganggu kenyamanan orang di sekeliling sampai merusak organ vital  dalam tubuh kita.
Sebagai Remaja memang selalu ingin tahu segala hal lebih tinggi (termasuk rokok). Akan tetapi teman teman coba berpikir lebih jauh deh.


Mari kita berhitung :
Merokok minimal satu hari 1 bungkus yang harga rata ratanya Rp.12.000. coba kita hitung dengan hari, minggu, bulan, tahun, sampai rata-rata seumur hidup kita.
1          (hari) X Rp.12.000 = Rp.12.000
7          (hari) X Rp.12.000 = Rp.84.000
30        (hari) X Rp.12.000 = Rp.360.000
365      (hari) X Rp.12.000 = Rp.4.380.000
63   (tahun) rata-rata hidup manusia X Rp.12.000 = Rp.275.940.000
Saya berharap dengan adanya artikel singkat ini bisa merubah pola berfikir kita akan memaksimalkan uang yang jumlahnya tidak sedikit Rp.275.940.000.
Kurang lebihnya mohon maaf atas kesalahan tutur bahasa saya.
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar