Rabu, 28 November 2012

DUNIA SEPEDA-2



JUDUL       : DUNIA SEPEDA (2)
TUJUAN 2 : BAHAYA MENGABAIKAN NORMA BERSEPEDA

Sepeda merupakan benda mati yang tidak bermesin jangan di anggap tidak berbahaya. Norma adalah aturan, yang berarti dalam sepeda adalah aturan dalam bentuk Spesifikasi ataupun aturan dalam bersepeda di jalan raya.

Spesifikasi sepeda harus memenuhi standarisasi dan diperhatikan dari berapa lama kakuatan sepeda tersebut. Berbagai macam bahan yang digunakan untuk membuat sepeda. Mulai dari Besi, Alumunium, sampai Titanium. Kekuatan yang paling akurat adalah besi, besi bisa tahan lebih dari 5 tahun. Sedangkan Alumunium dan Titanium hanya memiliki standarisasi penggunakaan selama 5 tahun karena dengan bahan baku sepeda tersebut dihawatirkan sepeda akan retak bahkan patah. Sedangkan bahan baku yang terbuat dari besi tidak mudah patah. Namun kelemahan bahan baku besi membuat sepeda menjadi sangat berat. Sedangkan Sepeda yang berbahan Alumunium dan Titanium relatif ringan. Untuk sepeda jenis On Road tidak terlalu berpengaruh karena menggunakan sepeda dijalur yang tidak membahayakan rentan kekuatan sepeda. Sedangkan Sepeda Off Road harus sangat memperhatikan demi keselamatan, seperti Sepeda Downhill (menuruni jalur pegunungan yang terjal), MTB (jalur tanah, batuan, kaki gunung), Dirt Jump (melompat lompat dari ketinggian, gaya bebas).



Sepeda On Road Seperti Ontel dan Sepeda Fixie tidak harus memperhatikan spesifikasi kekuatan bahan baku. Karena pada umumnya sepeda tersebut digunakan hanya dijalur aspal atau jalur yang landai saja. Bebas dalam memilih bahan baku sepeda dari besi, alumunium ataupun titanium. Norma yang harus seringa diperahatikan sepeda On Road adalah pada saat bersepeda dijalan raya beriringan dengan kendaraan bermotor. Keamanan bagi pengguna sepeda yang utama adalah menggunakan helm sepeda, sarung tangan, lampu depan belakang jika bersepeda di malam hari.


Selebihnya dari perlengkapan tersebut sangat baik. Bersepeda dijalan raya dilajue kiri membentuk satu baris dengan komunitas lebih aman dibandingkan bersepeda sendiri. Karena pengendara kendaraan bermotor bisa lebih waspada melihat ada yang bersepeda di lajur kiri bahu jalan raya.

Sepeda sudah bukan lagi hanya mainan anak kecil. Sepeda adalah sarana olahraga, transportasi, bahkan profesi. Jadi sudah saatnya tidak lagi mengabaikan norma dalam bersepeda baik dalam spesifikasi, keamanan pengendara, maupun aturan dijalan raya dengan pengendara kendaraan bermotor. Dengan tujuan akhir keselamatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar