Rabu, 28 November 2012

DUNIA SEPEDA-1



JUDUL       : DUNIA SEPEDA (1)
TUJUAN 1 : FUNGSI DAN JENIS SEPEDA

Sepeda yang kita lihat sepertinya terlihat sama saja. Akan tetapi sebenarnya berbeda, sepeda dibagi dalam 2 jenis. Yaitu Sepeda On road dan sepeda Off road. Sepeda On road adalah sepeda yang pada umumnya hanya digunakan untuk pada jalur aspal. Sedangkan Sepeda Off Road adalah sepeda yang pada umumnya di gunakan pada jalur tanah, berbatu, namun bisa juga di gunakan pada jalur yang biasa digunakan dengan  Sepeda On Road. Lebih spesifik lagi ada jenis dalam Sepeda On Road dan Off Road. Contoh Sepeda On Road yang sering kita lihat adalah Sepeda Ontel, Sepeda Fixie, Sepeda Balap. Sedangkan, Contoh Sepeda Off Road adalah  Down Hill, MTB, Dirt Jump.

Tidak mudah bagi orang awam dalam membedakan sepeda yang sepertinya terlihat sama. Namun bisa dibedakan dalam melihat gambar berikut :

Sepeda On Road :
 Sepeda Ontel


 Sepeda Fixie


Sepeda Balap



Sepeda Off Road :
DH (Downhill)

MTB (Mountain Bike)

DJ (Dirt Jump)




Cara membedakan jenis sepeda On Road dan Off Road bisa dilihat dari beberapa segi.
Bisa dilihat dari Frame (bagian tubuh sepeda). Pada Sepeda On Road seperti Sepeda Ontel, Sepeda Fixie dan Sepeda Balap memiliki Frame yang lebih tinggi karena Sepeda tersebut hanya digunakan pada julur aspal. Sedangkan Off Road memiliki Frame yang relatif lebih rendah Sepeda tersebut digunakan pada jalur tanah, berbatu, naik ataupun turun. Sehingga memudahkan pengguna sepeda untuk menegakan tubuh atau merendahkan tubuh saat melewati jalur yang tidak memungkinkan untk duduk dalam bersepeda.
Dilihat dari Roda atau Ban. Jenis Sepeda On Road pada umumnya memiliki tekstur yang halus. Sedangkan Sepeda Off Road menggunakan tekstur ban yang lebih kasar bahkan bergerigi.

Memfungsikan sepeda sesuai dengan kebutuhan. Hal ini sangat penting dalam bersepeda, memperhatikan fungsi sepeda. Karena jangan sesekali anda salah dalam memfungsikan sepeda. Contohnya menggunakan Sepeda Ontel, Sepeda Fixie dan Sepeda Balap untuk menuruni gunung yang berbatu, tanah  dan licin. Bersepeda jarak jauh dengan menggunkan Sepeda Dit jump yang ukuran Framenya sangat rendah sehingga membuat tenaga terkuras banyak. Memfungsikan sepeda fungsinya sangat penting untuk efisiensi bersepeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar